Quote

"If better is possible, good is NOT enough"

~Andrie Wongso~

Senin, 19 Mei 2014

bab 1 sabun dan tegangan permukaan

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

              Dalam kehidupan sehari-hari sering kita temukan fenomena alam yang berhubungan dengan tegangan permukaan zat cair misalnya tetes-tetes zat cair pada pipa keran yang bukan suatu aliran, laba-laba air yang berada di atas permukaan air, gelembung-gelembung sabun, silet yang diletakkan perlahan-lahan di atas permukaan zat cair yang terapung dan naiknya air pada pipa kapiler. Hal tersebut terjadi adanya tegangan permukaan zat cair yaitu suatu molekul dalam fase cair dapat dianggap secara sempurna dikelilingi oleh molekul lainnya yang secara rata-rata mengalami daya tarik yang sama ke semua arah.
              Permukaan zat cair cenderung menahan usaha perluasan permukaan dan karena itu tegangan permukaan dapat didefenisikan dengan gaya yang terdapat pada setiap bidang bahan yang menahan perluasan permukaan. Kita sering membuat perbedaan antara tegangan permukaan dengan tegangan bidang batas, dengan tegangan permukaan dimaksudkan tegangan pada permukaan cairan yang berbatasan dengan udara, sedangkan istilah yang kedua dimaksudkan gaya bekerja pada bidang batas antara dua cairan yang tidak berbaur dan untuk memperoleh sekedar gambaran mengenai perbandingan gaya intrermolekul. Tegangan permukaan merupakan penjelmaan dari pada interaksi gaya intermolekul yang timbul akibat molekul-molekul yang terdapat pada bidang batas itu tidak dikelilingi secara sistematik oleh molekul yang lainnya. Tidak seperti halnya dengan molekul-molekul yang terdapat ditengah-tengan fasa suatu materi.
Oleh karena itu, dilakukan percobaan sabun dan tegangan permukaan dengan metode  mencelupkan kawat loop yang berbeda massa di dalam larutan sabun dengan konsentrasi yang berbeda agar dapat mengetahui nilai tegangan permukaan dari suatu larutan sabun dan dapat menganalisis fenomen-fenomena yang berhubungan dalam kehidupan sehari-hari dengan mempelajari tentang tegangan permukaan.
 


B.     RUMUSAN MASALAH
Bagaimana pengaruh konsentrasi larutan sabun terhadap tegangan permukaan ?

C.    TUJUAN
Menyelidiki pengaruh konsentrasi sabun terhadap tegangan permukaan.

D.    HIPOTESIS

Semakin tinggi konsentrasi larutan sabun, semakin besar tegangan permukaan.

Tidak ada komentar: